Manfaat Kopi Hitam Bisa Cegah Bayi Alami Kejang

Manfaat Kopi Hitam Bisa Cegah Bayi Alami Kejang
Manfaat Kopi Hitam Bisa Cegah Bayi Alami Kejang

Saat sedang menyesap secangkir kopi, Anda barangkali akan dianjurkan untuk menyerahkan satu dua sendok kopi untuk buah hati kita yang masih bayi. Orang tua zaman dahulu memang sangat mempercayai kopi dapat menangkal bayi merasakan kejang atau step. Tradisi itu terus diturunkan bahkan sampai saat ini.

Kejang terjadi dampak aktivitas elektrik di jaringan benak (korteks serebri). Saat kejang, terjadi ketidakseimbangan pada senyawa neurotransmitter di dalam benak yang lantas menimbulkan penurunan kesadaran dan timbul gerakan-gerakan yang tidak disadari (involunter). Tipe kejang juga ada sekian banyak macam, terdapat yang sifatnya kelojotan (tonik klonik), terdapat pula yang menciptakan penderitanya melulu terdiam (kejang absans).

Kopi berisi kafein yang adalahsalah satu zat stimulan. Saat masuk ke dalam tubuh, zat stimulan laksana kafein akan menciptakan jantung berdetak lebih cepat dan tubuh lebih bersemangat dan segar. Itu sebabnya orang dewasa minum kopi untuk mengenyahkan kantuk dan badan lemas.

Cara Menjaga Kesehatan Mulut Saat Hamil

Kafein dapat memicu kejang

Namun, sayangnya efek stimulan kafein dalam kopi pun dapat menjadi pencetus terjadinya kejang. Kafein bisa memengaruhi kegiatan listrik di benak dan mengubah ekuilibrium neurotransmitter di benak sehingga terjadi kejang. Fakta itu didukung oleh sejumlah riset yang mengindikasikan bahwa kafein dalam kopi dapat menambah frekuensi kejang dan menjadi pemicu kejang pada penderita epilepsi.

Di samping itu, konsumsi kopi dalam jumlah tidak sedikit dan masa-masa yang lama pun dapat menambah tekanan darah dan memunculkan risiko stroke, perdarahan, dan gangguan tidur. Efek itu akan berkali lipat dialami oleh anak yang mengonsumsi kopi.

Dampak lainnya, konsumsi kopi pun dapat menciptakan gangguan penyerapan zat besi. Anak yang minum kopi bakal terhambat penyerapan zat besinya. Padahal, zat besi dibutuhkan untuk menunjang perkembangan anak dan pertumbuhan otaknya. Bila kelemahan zat besi, anak akan merasakan anemia dan berujung pada sekian banyak masalah kesehatan lainnya. Memberikan kopi pada anak ketika dia kejang pun tidak dianjurkan. Hal tersebut malah akan menciptakan anak tersedak dan membahayakan dirinya.

Radang Tenggorokan Dapat Menyebabkan Infeksi Paru

Pertolongan ketika anak kejang

Alih-alih menyerahkan kopi, lakukan sejumlah langkah inilah sebagai bantuan saat anak alami kejang:

  1. Jauhkan dari benda-benda berbahaya, laksana sumber listrik, benda tajam atau benda pecah belah.
  2. Baringkan dengan posisi miring supaya muntahan dapat terbit dan tidak menyumbat drainase pernapasan
  3. Jangan mengganjal mulut anak dengan sendok atau jari. Hal itu dapat memunculkan cedera dan bila patah bisa masuk ke drainase napas anak.
  4. Jangan menyerahkan minum atau santap saat anak kejang karena melulu akan membuatnya tersedak.
  5. Bila sebelumnya anak telah pernah kejang, dokter lazimnya sudah menyerahkan obat yang dimasukkan lewat anus. Berikanlah obat tersebut cocok dengan ajakan dokter. Jangan tak sempat ajarkan pun pengasuh anak untuk memakai obat itu dengan benar.

Berbagai dalil di atas sudah lumayan menjelaskan bahwa kopi hitam dapat menangkal bayi alami kejang ialah mitos belaka. Memberikan kopi pada bayi tidak memiliki guna pada kesehatannya, tidak pun dapat menangkal kejang. Praktik tersebut justeru bisa berdampak buruk pada anak. Bila anak alami kejang, kerjakan langkah antisipasi di atas dan segera bawa ke dokter guna konsultasi dan pengecekan langsung.

Tips Agar Tidak Mudah Jatuh Sakit Saat Musim Hujan