resiko penyakit asam urat

Category : Disease, Health

resiko penyakit asam urat

Apa yang meningkatkan risiko aku untuk terkena penyakit asam urat?
Terlalu banyak makan makanan yang mengandung purin memang bisa menjadi penyebab asam urat yang paling utama. Namun sebetulnya ada berjenis-jenis elemen risiko lain yang bisa membuat Anda mengalami asam urat.

Apa saja faktor risiko penyakit asam urat ini?

  1. Umur dan jenis kelamin. Meski belum dikenal mengapa, namun asam urat lebih banyak dialami oleh laki-laki daripada perempuan. Sementara, orang yang lanjut umur juga lebih rentan terserang penyakit ini dari pada orang dewasa muda.
  2. Riwayat kesehatan keluarga. Jika Anda mempunyai salah satu member keluarga yang mempunyai asam urat, maka Anda juga berpeluang lebih besar untuk mengalami hal yang sama. Walau ini bukan penyebab asam urat yang utama, tapi dengan mengetahui riwayat kesehatan keluarga, Anda bisa lebih waspada dengan penyakit ini.
  3. Berat badan yang berlebihan. Memiliki berat badan yang melebihi normal, bisa meningkatkan risiko terserang penyakit ini. Orang yang memiliki indeks massa tubuh yang lebih dari 25 kg/m 2 karenanya semestinya lebih waspada untuk terkena encok.
  4. Mengonsumsi obat-obatan tertentu. Sebagian tipe obat-obatan yang Anda konsumsi dapat menjadi penyebab asam urat menumpuk di dalam tubuh, contohnya:
    • Aspirin, obat penghilang rasa sakit ini akan meningkatkan risiko asam urat sekiranya dikonsumsi secara rutin 1-2 tablet per hari.
    • Obat diuretik, yang umumnya diaplikasikan untuk menyelesaikan penumpukan cairan di tubuh.
    • Obat kemoterapi, yang diterapkan untuk mengobati beragam penyakit kanker.
    • Obat yang dapat menurunkan metode kekebalan tubuh, seperti cyclosporine.
  5. Riwayat kesehatan, memiliki gangguan kesehatan tertentu sebelumnya bisa meningkatkan peluang terkena asam urat. Gangguan kesehatan yang bisa meningkatkan risiko asam urat seperti
    • Diabetes
    • Gangguan fungsi ginjal
    • Penyakit jantung
    • Arterosklerosis, pembuluh darah tersumbat
    • Penyakit infeksi
    • Tekanan darah tinggi
  6. Mengaplikasikan pola hidup yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak purin, seperti daging dan seafood akan membuat gejala asam urat timbul. Kecuali itu, minum alkohol dalam jumlah yang berlebihan dapat menjadi penyebab asam urat melonjak.
  7. Dehidrasi. Bila Anda mengalami kekurangan cairan, karenanya tubuh Anda akan sulit mengeluarkan zat asam hal yang demikian melalui air seni. Setelah ini yang menjadi salah satu penyebab asam urat menumpuk di dalam tubuh.
  8. pembedahan atau cedera. Cedera bisa menjadi penyebab asam urat karena kondisi ini memunculkan peradangan lebih-lebih dahulu pada sendi yang kemudian akan memicu munculnya gejala asam urat yang lainnya.

 

Related Posts