Tips Agar Tidak Mudah Jatuh Sakit Saat Musim Hujan

Tips Agar Tidak Mudah Jatuh Sakit Saat Musim Hujan
Tips Agar Tidak Mudah Jatuh Sakit Saat Musim Hujan

Alangkah menyenangkan andai seandainya ketika musim hujan semua pekerja tak diwajibkan tetap berangkat ke kantor. Mimpi! Meski hujan, kegiatan harian tetap mesti dilakukan, dong! Agar tak kehujanan, siapkan tidak jarang kali payung atau jas hujan. Namun, andai Anda terlanjur tidak jarang kehujanan, ada sejumlah cara yang dapat Anda lakukan supaya tak gampang sakit.

Beberapa teknik di bawah ini dapat Anda kerjakan untuk memperkecil bisa jadi Anda jatuh sakit sesudah kehujanan. Jadi, lebih mempunyai sifat sebagai pencegahan. Meski demikian, cara-cara ini terbukuti lumayan efektif.

1. Segera mandi dan keramas sesudah kehujanan

Temperatur air hujan seringkali lebih dingin dikomparasikan dengan suhu tubuh. Jika kepala tersiram air hujan, maka suhu yang dimunculkan akan merangsang terjadinya penyusutan pembuluh darah di kepala. Akibatnya, Anda dapat mengalami sakit kepala.

Di samping itu, air hujan pun berisi sekian banyak bahan kimia dan polusi. Apabila tidak segera dibersihkan, kehujanan bisa memicu sekian banyak masalah kesehatan, yang salah satunya ialah gatal-gatal pada kulit.

Karena adanya ancaman dua situasi yang dinamakan di atas, andai memungkinkan usahakan segera mandi dan keramas sesudah terkena air hujan. Jangan lupa guna mengeringkan kepala setelahnya supaya tidak sakit.

2. Rajin cuci tangan dan kaki

Cucilah tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir. Kebiasaan ini amat urgen untuk ditanamkan guna membunuh sekian banyak kuman yang menempel di tangan. Di samping cuci tangan, tidak boleh abaikan kesucian kaki dengan teratur mencucinya. Ini sebab ada bisa jadi kaki kita terkena percikan lumpur, air kotor, atau mesti menerobos banjir, yang mana tersebut semua dapat menjadi sumber kuman penyakit.

3. Hindari menyentuh lokasi wajah terlampau sering

Sebagian besar virus atau kuman bisa masuk ke dalam tubuh melewati hidung, mata, dan mulut. Cobalah guna selalu membawa tisu basah atau hand sanitizer di dalam tas, sehingga andai tangan kotor, Anda dapat segera membersihkannya. Tidak terlalu tidak jarang menyentuh lokasi wajah pun akan meminimalisir risiko munculnya jerawat.

4. Hindari menyentuh lokasi wajah terlampau sering

Air hujan berisi tidak sedikit zat kimia dan polutan, sampai-sampai berisi tidak sedikit kuman. Untuk mengayomi diri, usahakan ketika hujan pakai jaket atau pakaian berlengan panjang, atau payung. Saat musim hujan, ini juga jadi ketika terbaik untuk menerbitkan sepatu bot kita dari rak sepatu.

5. Hindari jajan sembarangan

Saat musim hujan laksana ini, usahakan hindari melakukan pembelian makanan dan minuman yang tidak jelas kebersihannya. Makanan dan minuman yang tidak bersih atau terkontaminasi dapat menjadi sumber penyakit laksana tifus, diare, dan sebagainya.

Baca Juga konsumsi makanan organik turunkan risiko kanker

6. Hindari gigitan nyamuk

Tentunya Anda telah tahu bahwa lazimnya populasi nyamuk meningkat saat musim hujan. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh tidak sedikit tempat penampungan air yang terbuka, sampai-sampai nyamuk dapat dengan leluasanya berkembang biak. Nyamuk bisa menjadi vektor penularan penyakit laksana demam berdarah dengue. Sebagai format pencegahan, Anda bisa memasang perangkat anti nyamuk laksana lampu pembunuh nyamuk, raket nyamuk, atau losion anti nyamuk yang aman guna kulit.

7. Banyak minum air putih

Cuaca yang lumayan dingin dapat mengakibatkan Anda ingin malas guna bergerak. Dehidrasi juga rentan terjadi. Oleh sebab itu, tidak boleh lupa guna memenuhi keperluan cairan tubuh dengan minum air putih paling tidak delapan gelas per hari.

8. Konsumsi makanan yang tidak sedikit berisi vitamin

Agar tubuh tetap sehat dan powerful dalam menghadapi musim hujan, Anda disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan yang kaya bakal vitamin. Apabila kita tak yakin dengan kandungan vitamin dalam menu harian Anda, maka Anda dapat mengonsumsi suplemen tambahan.

9. Hindari begadang

Tidur terlampau larut dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Bagi itu, hindari begadang supaya daya tahan tubuh terjaga dan tidak gampang sakit.

Musim hujan memang sering dikaitkan dengan datangnya tidak sedikit penyakit. Oleh sebab itu, berikan tubuh kita perlindungan tambahan dengan melakukan sekian banyak tips yang dipaparkan di atas. Sebisa mungkin, tidak boleh sampai kehujanan dan lakukan pola hidup sehat supaya Anda dan family terhindar dari penyakit.